Materi 11 Pancasila Sebagai Dasar pembangunan Indonesia Emas

 


Pemateri : Ema Umiyyatul Chusnah, S.T., M.M.Pd 


Nama : Agnys Zabrina Martiviani Putri

Prodi : D4 Analis Kesehatan

Fakultas : Kesehatan 


Pancasila sebagai dasar pembangunan Indonesia Emas


Bonus & Tantangan Menuju Indonesia Emas

Badan Pusat Statistik menyebutkan bahwa Indonesia sedang menerima bonus demografi dengan besarnya jumlah pendu-duk yang pada masa usia produktif, yaitu 15 hingga 64 tahun meningkat. Bonus demografi in akan memuncak sekitar pada tahun 2030 dimana komposisi penduduk Indonesia pada tahun tersebut akan didominasi oleh kelompok usia produktif.

Tantangan yang dihadapi oleh Indonesia dalam mempersiapkan bonus demografi ini juga cukup besar. Salah satunya adalah masukya paham radikalisme & ideologi anti Pancasila di Indonesia. 



Yang harus dilakukan agar Pancasila tetap bertahan adalah menggali kembali makna nilai nilai dari pancasila sebagai pondasi dan semangat awal untuk memerangi radikalisme dan menuju indonesia emas 2045. selain itu pendalaman karakter manusia indonedia yang berdasarkan pada nilai nilai pancasila akan menjadi tameng yang cukup kuat untuk menangkal paham paham radikalisme. 


Pancasila dan Pembangunan

• Pada hakikatnya

Pancasila sebagai paradigma

pembangunan nasional mengandung arti bahwa segala aspek pembangunan harus mencerminkan nilal-nilai

Pancasila.

• Pembangunan Nasional adalah untuk menusia Indonesia, di mana manusia secara kodratnya memiliki kedudukan sebagai makhluk individu dan makhluk sosial.

• Manusia tidak hanya mengejar kepentingan pribadi tetapi juga memperhatikan kepentingan masvarakat, manusia tidak hanya mengutamakan tercapainya kebutuhan material tetapi juga kebahagiaan spritual.


Pembangunan Dalam Perspektif Pancasila

Pembangunan yang arah nilal-nilai kemanusiaan sebagal "core values".

Pancasila sebagal konfigurasi budaya bangsa merupakan nilal-nilai budaya inti(core values) yang harus dijabarkan dan dikembangkan dalam sejumlah nilial dan pranata soclal sejalan dengan perkembangan masyarakat, kemaajuan teknologi dan perubahan lingkungan.

Kelima nilai-nilat Inti secara terpadu menjadikan rujukan dalam perkembangan pranata social dan pola tingkah laku segenap warga negara, baik secara perseorangan maupun kolektif.


Peran Nahdlatul Ulama dalam Membangun

Moralitas Bangsa Menuju Indonesia Emas

Nasionalisme kemanusiaan yang dikembangkan eleh

Nahdlatul Ulama lalah paham kebangsaan yang memberikan pengakuan kepada seluruh elemen bangsa yang terdiri atas suku, agama, ras, dan antar golongan yang berbeda untuk berpartisipasi aktif dalam melaksanakan hak dan kewajiban berdasarkan Pancasila.

Nasionalisme kemanuslaan diwujudkan melalui kegiatan dakwah dan pendidikan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang unggul dalam meneguhkan dan menyebarkan pemahaman aswaja sebagai pilar penguatan adpatasi, integrasi, pencapaian tujuan dan pemeliharaan tatanan sebagai bangsa yang berdaulat.

Dalam mengimplementasikan nasionalisme kemanusiaan,

Nahdlatul Ulama menerapakan primsip dasar yaitu tawazun (keseimbangan), tasamuh (toleran), tawasut (moderat), dan i'tidal (adil) dalam berbagai sektor kehidupan berbangsa dan bernegara.


Lihat juga blog teman saya : http://dewinta0701.blogspot.com/2023/09/resume-11-pancasila-sebagai-dasar.html



Komentar

Postingan populer dari blog ini

38 Mahasiswa Unusa Lolos Program Kampus Mengajar 2023: Siap Belajar Sambil Berdampak

Materi 12 Sosialisasi Learning Management System dan Sistem Informasi Manajemen (SIM) untuk Kesiapan Pendidikan Berbasis Digital di Unusa

Materi 10 Mahasiswa Unusa dalam generasi Aswaja An-Nahdliyah